Sejarah Gampong Seulalah Baru Detail


SEULALAH BARU_ adalah sebuah gampong yang terletak  di  kecamatan Langsa Lama, kota Langsa, Aceh, Indonesia. Gampong  ini dibentuk pada tahun 2010 dari  hasil pemekaran Gampong  Seulalah berdasarkan  Qanun Kota Langsa Nomor 4 Tahun 2010.  Sejak tahun 2010 sampai dengan 2012 Gampong Seulalah Baru  dipimpin oleh Bpk. Suparjo selaku staff Kecamatan Langsa Lama.  Selanjutnya pada tahun 2012 Bpk. Zainal Arifin terpilih sebagai  Geuchik Gampong Seulalah Baru periode 2012 s/d 2018. Dan  telah terpilih kembali sebagai Geuchik Gampong Seulalah Baru  periode 2019 s/d 2024. 

Selama masa jabatannya, Geuchik beserta perangkat, kelompok masyarakat, dan seluruh masyarakat Gampong Seulalah Baru meraih segudang prestasi yang menjadi kebanggan seluruh masyarakat sebagai Gampong yang masih muda atau baru pemekaran yang patut dicontoh atau menjadi pesaing bagi Gampong-Gampong lain di Kota Langsa. Prestasi yang diperoleh diantaranya Juara II sebagai Gampong dengan Administrasi terbaik se-Kota Langsa pada tahun 2015, Juara I Gampong Terbersih se-kecamatan Langsa Lama pada tahun 2016, sebagai Gampong Percontohan dalam Administrasi Keuangan dan Penyerapan Dana Desa, sebagai juara I Gampong Bersyariat Islam se-kecamatan Langsa Lama pada tahun 2017, dan Gampong Seulalah Baru merupakan gampong pertama yang menjadi Gampong binaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Langsa pada tahun 2017.

Adapun batas-batas wilayah gampong seulalah baru yaitu bagian selatan berbatasan dengan PTPN-1 Kebun Lama, bagian Utara berbatasan dengan Krueng Langsa, bagian Timur berbatasan dengan Gampong Pondok Pabrik dan disisi Barat berbatasan dengan Gampong Seulalah. Atas pemekaran ini Gampong Seulalah Baru memiliki tiga dusun yaitu Cendana, Melati dan Dusun Kenanga.

Dari ketiga dusun yang ada di Gampong Seulalah Baru  tersebar penduduk dengan beraneka ragam suku dengan jumlah penduduk mencapai lebih kurang 2.332 jiwa. Jarak tempuh dari Gampong  Seulalah    menuju  pusat pemerintahan Kecamatan Langsa Lama sekitar 2 (dua) Km dan kurang lebih membutuhkan waktu 10 (sepuluh) menit perjalanannya. Sedangkan menuju ke Ibu Kota Langsa, membutuhkan waktu  kurang dari 15 (lima belas) menit dengan jarak sekitar 3 (tiga) Km.