Sungai Krueng Langsa Meluap Lagi, Tenggelamkan Lahan Pertanian dan Kolam Ikan Kelompok Tani Bantaras Detail

Selasa, 12 November 2019


Seulalah Baru _ Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Langsa selama 10 jam mengakibatkan sungai Krueng Langsa meluap kembali setelah beberapa hari yg lalu debit air telah kembali normal. Akibatnya sebagian besar rumah warga Gampong Seulalah Baru yg terletak di tiga Dusun, yaitu Dusun Cendana, Melati dan Kenanga terendam banjir. Selain rumah warga banjir juga menenggelamkan lahan pertanian dan kolam ikan lele milik Kelompok Tani Bantaras yang terletak di pinggiran Sungai Krueng Langsa.

Lahan Pertanian seluas 5000 M2 yang telah ditanami beberapa jenis tanaman seperti cabai, terong, mentimun, dan beberapa sayuran lainnya terancam gagal panen. Setidaknya terdapat 1000 batang pohon cabe yang hampir siap di panen yang terendam banjir. " Kami berharap semoga banjir cepat surut dan mungkin masih ada kemungkinan beberapa batang pohon cabai yang masih hidup" Jelas Budiono, ketua Kelompok Tani Bantaras.

Berbeda dengan tanaman pertanian yang tidak dapat diselamatkan, Justru ikan lele yang di budidaya oleh kelompok tani bantaras di kolam yang terletak di pinggiran sungai dapat diselamatkan dengan langsung memanen ikan lele yg sudah layak untuk dikonsumsi dan memindahkan semua bibit ikan lele ke tempat tidak terkena banjir.

"Kami terus memantau naiknya air di lokasi kolam sejak semalam, air mulai naik pada pukul 01.00 wib dan kami tetap berjaga hingga pagi. Pada pukul 06.00 wib air mulai memasuki area pembudidayaan ikan lele, maka dengan cepat kami langsung memanen dan memimdahkan ikan lele dari semua kolam dan ikan lele yang telah siap panen kami serahkan untuk di masak di dapur umum" ungkap Budiono.

Akibat banjir tersebut diduga Kelompok Tani Bantaras mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.