Menikmati Kawasan Ruang Terbuka Hijau di wilayah Bantaran sungai Detail

Kamis, 03 Oktober 2019


Seulalah Baru - Gampong Seulalah Baru merupakan salah satu Gampong yang ada di Kecamatan Langsa Lama Kota Langsa dengan Luas wilayah lebih kurang 25 Ha. Yang mana di sebelah selatan Gampong Seulalah Baru berbatasan dengan sungai Krueng Langsa milik Pemerintah Kota Langsa. Daerah Bantaran sungai Krueng Langsa yang melintasi Gampong Seulalah Baru memiliki potensi untuk dapat djadikan sebagai ruang terbuka hijau yang mana lahan tersebut dapat di manfaatkan oleh masyarakat dan Pemerintahan Gampong Seulalah Baru guna meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat.

Pemanfaatan ruang terbuka hijau di wilayah Bantaran Sungai yang melintasi Gampong Seulalah Baru disesuaikan juga berdasarkan Qanun Kota Langsa Nomor 16 Tahun 2015 Tentang Ruang Terbuka Hijau Kota Langsa. Jenis ruang terbuka hijau publik yang ada di Gampong Seulalah Baru antara lain budidaya tanaman hortikultura berupa lahan perkebunan, Pengembangan Hewan Ternak jenis Sapi yang telah lama dikelola oleh Badan Usaha Milik Gampong Seulalah Baru, dan menjadikan daerah bantaran sungai sebagai objek wisata yang menarik di Gampong Seulalah Baru. 

Dari segi pariwisata, sungai tidak akan lagi dianggap sebagai tempat kumuh, namun sebagai tempat untuk menghabiskan waktu senggang untuk berswafoto atau sekedar untuk relaksasi. Dilihat dari segi ekonomi, hal ingin akan menguntungkan warga sekitar, karena secara tidak langsung, area sekitar sungai akan menjadi tempat kuliner atau pembelanjaan yang menarik. Dari segi pendidikan, sungai pun bisa menjadi tempat yang menarik untuk mempelajari ekosistem alam. Terakhir, dilihat dari segi ekologi, sungai pun akan lebih terawat dan fungsinya pun tidak akan berubah.


Maka dari itu Pemerintahan Gampong Seulalah Baru ingin merevitalisasi sungai Krueng Langsa yang ada di Gampong Seulalah Baru dan menjadikannya sebagai objek wisata dan tempat rekreasi yang menyenangkan bagi masyarakat Gampong Seulalah Baru dan dengan menjadikan wlayah bantaran sungai sebagai tempat wisata diharapkan dapat menambah penghasilan Gampong Seulalah Baru.