Jamu Tradisional Kaya Akan Manfaat Detail

Kamis, 10 Oktober 2019


Seulalah Baru - Jamu merupakan ciri khas Indonesia yang terkenal. Produk jamu salah satu warisan leluhur bangsa Indonesia seiring kemajuan dan perkembangan zaman, jamu digunakan sebagai obat tradisional. Pemanfaatan jamu sebagai sarana pengobatan didasarkan pada pengalaman secara turun-temurun dari leluhur. Leluhurlah yang mewariskan cara pembuatan jamu. Jamu disebut juga sebagai obat tradisional yang dalam kehidupan sehari hari digunakan untuk tindakan preventif dalam menjaga kesehatan dan untuk penyembuhan suatu penyakit. Obat tradisional merupakan obat yang bahan bakunya diperoleh dari tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian atau gelenik, atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun di gunakan untuk pengobatan yang berdasarkan pengalaman.

Usaha jamu yang dirintis Ibu sularmi ada sejak tahun 2014, seorang ibu rumah tangga yang memiliki 4 orang anak yang berdomisili di Dusun Cendana, dimana beliau harus membantu sang suami untuk membiayai kehidupan sehari hari dan kebutuhan anak mereka. Usaha jamu ini berawal dari mencicipi hasil olahan rempah rempah yang diolah langsung dari Ibu Sularmi yang akhirnya banyak diminati oleh masyarakat yang akhirnya ibu Sularmi memutuskan memulai usaha jamu tradisonal.

Usaha jamu tradisional ini mulai berkembang dikarenakan adanya bantuan modal dari Simpan Pinjam BUMG Sejahtera Baru milik Gampong Seulalah Baru. Usaha jamu ini adalah usaha rumah tangga yang sebagian besar pekerjanya adalah Ibu-ibu rumah tangga dengan keterbatasan ekonomi yang minim. Usaha ini tadinya hanya dikerjakan oleh dua orang saja yaitu Ibu Sularmi dan anak perempuannya, namun sekarang  usaha jamu tradisioanal ini telah mampu memberdayakan masyarakat dengan menyerap 3 orang pekerja yang bertempat tinggal di sekitar rumah Ibu Sularmi.


Pemasaran produk jamu ini masih di berfokus di wilayah Gampong Seulalah Baru dan sekitarnya, dikarenakan penjualan jamu tradisonal ini masih menggunakan sepeda maka sulit untuk menjangkau daerah luar wilayah Gampong Seulalah Baru. Oleh karena Jamu tradisional yang sangat menyehatkan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 3.000,00/Gelas. Selain itu juga Jmu Tradisonal Ibu Sularmi menerima pesanan jamu dalam jumlah banyak. (r/g)