Gampong Seulalah Baru Tetapkan Daftar Qanun Kewenangan Gampong Berdasarkan Hak Asal - Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Gampong Detail

Rabu, 04 Desember 2019


Seulalah Baru _ Pemerintah Gampong Seulalah Baru melaksanakan  Penetapan Daftar Qanun Kewenangan Gampong Seulalah Baru berdasarkan Hak Asal- Usul dan Kewenangan  Lokal Berskala Gampong di TPA Babul Ikhlas Dusun Kenanga, Selasa (03/12). Dalam acara ini turut hadir Sekretaris Kecamatan Langsa Lama Bapak Azhari SE, seluruh anggota Tuha Peuet, Tokoh masyarakat, Pendamping Desa Kecamatan, Pendamping Gampong Seulalah Baru dan perwakilan dari lembaga- lembaga yang ada di Gampong Seulalah Baru.

Selain sebagai  amanah UU No 11 tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh (UUPA) Qanun Gampong juga merupakan Dasar Hukum dalam tatanan kehidupan masyarakat gampong. Qanun gampong ini akan dijadikan sebagai acuan dasar untuk mengatur masyarakat yang ada di gampong guna menjadikan kehidupan masyarakat gampong yang lebih tertata dan terbib pada aturan hukum yang berlaku. Maka dari itulah Geuchik Zainal Arifin  mengharapkan di masa jabatan yang ke dua ini Pemerintah Gampong Seulalah Baru dapat melahirkan Qanun, Reusam maupun Peraturan Geuchik yang mengarah pada penertiban kehidupan masyarakan Gampong Seulalah Baru ke arah yang lebih baik.

Dalam Sambutannya Geuchik Zainal Arifin menyampaikan terima kasih kepada tim penyusun qanun gampong beserta Tuha Peuet yang telah bekerja keras selama 2 bulan lamanya sehingga dapat menghasilkan butir-butir daftar kewenangan gampong berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan gampong berskala lokal yang akan ditetapkan pada hari ini. Geuchik Zainal Arifin juga mengharapkan kepada Tim Penyusun bersama Tuha Peuet tidak berhenti disini, Geuchik mengharapkan butir- butir yang telah ditetapkan dalam Daftar Kewenangan Gampong Berdasarkan Hak Asal-Usul dan Kewenangan Lokal Berskala Gampong dapat segera diturunkan menjadi Peraturan Geuchik. 

Terdapat 4 Bidang dan 11 poin yang menjadi Kewenangan Gampong berdasarkan hak asal usul di Gampong Seulalah Baru salah satunya poin kewenangan Gampong di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan yaitu Penataan sistem organisasi perangkat gampong serta terdapat 4 bidang dan 45 poin yang menjadi kewenangan Lokal Berskala Gampong  salah satu kewenangan lokal berskala gampong yang ada di bidang Pemberdayaan Masyarakat yaitu Pengrmbangan seni budaya Lokal.

 

animasi-bergerak-terima-kasih-0078