Cegah Covid-19 di Langsa Lama, Petugas Semprot Cairan Desinfektan pada Fasilitas Umum Detail

Rabu, 06 Mei 2020


Pemerintah Gampong Seulalah Baru, Kecamatan Langsa Lama, bersama masyarakat, Rabu (01/04/2020) melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Hal itu dilakukan guna mencegah wabah coronavirus (covid-19). Penyemprotan cairan pembunuh kuman dan virus ini, dilakukan dengan bantuan mobil pemadam kebakaran (damkar) BPBD Kota Langsa. Penyemprotan difokuskan ke jalan dan fasilitas umum lainnya.

Keuchik Gampong Seulalah Baru, Zainal Arifin, menyebutkan, penyemprotan cairan desinfekatan ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pihaknya sebagai aparatur gampong. Guna melindungi masyarakat dari ancaman wabah covid-19. Cairan desinfektan disemprotkan ke semua fasilitas umum seperti jalan, masjid, musala, kantor keuchik dan tuha peut, pos kesdes, maupun fasilitas umum lainnya. Dengan adanya penyemprotan desinfektan sesuai anjuran pemerintah ini, diharapkan mencegah bencana wabah covid-19 ini semakin meluas. Sehingga bisa tertanggulangi secepatnya.

"Kita berdoa semoga wabah virus Corona cepat berakhir, sehingga keadaan bangsa ini bisa pulih dan normal kembali, serta masyarakat dapat beraktivitas secara normal," jelasnya.Camat Langsa Lama, H Zakaria, Danramil Langsa Lama, Lettu Andre Hyn, yang hadir di sana, mengatakan, inisitaif Pemerintah Gampong Seulalah Baru melakukan penyemprotan cairan desinfektan ini sangat baik.Hal itu endaknya bisa diikuti gampong lainnya.

"Karena penyemprotan desinfektan ini merupakan upaya dianjurkan pemerintah untuk pencegahan covid-19," kata pria yang akrap disapa Pak Jeck ini. Bahkan, timpak Pak Jeck, Pemerintah Kecamatan Langsa Lama juga kini gencar melakukan sosialisasi dan pemasangan baleho di 15 gampong.Terkait pencegahan dan kewaspadaan masyarakat terhadap covid-19 ini.

Pihak kecamatan juga mengimbau pemilik warung kopi, rumah makan, maupun tempat umum lainnya agar mentaati jam malam yang telah diterapkan di daerah ini. Dengan menutup usahanya mulai 21.30 WIB - 05.30 WIB. Pemberlakuan jam malam ini bukan untuk menghambat aktivitas usaha warga.kan tetapi demi kebaikan bersama menghindari penyebaran covid-19 semakin meluas.

Kepada masyarakat jangan panik, tetap biasakan hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun atau cairan desinfektan maupun hand sanitaizer. setelah bepergian dan kembali ke rumah.

"Apabila ada gejala batuk, demam, sakit tenggorokan, dan sesak napas, agar memeriksa diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Saat berada di luar labih baik gunakanlah masker pelindung mulut dan hidung," imbuh Pak Camat. (*)


Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Cegah Covid-19 di Langsa Lama, Petugas Semprot Cairan Desinfektan pada Fasilitas Umum, https://aceh.tribunnews.com/2020/04/01/cegah-covid-19-di-langsa-lama-petugas-semprot-cairan-desinfektan-pada-fasilitas-umum?page=3
Penulis: Zubir
Editor: Nurul Hayati