Bikin Ketagihan, Keripik Ubi Pedas Detail

Kamis, 10 Oktober 2019


Seulalah Baru-Dalam kehidupan sehari hari manusia sangatlah membutuhkan makanan. Dalam kehidupan kebutuhan akan makanan yang bervariasi dan juga bernilai gizi tinggi telah mengalami peningkatan. Potensi salah satu komoditas yang patut dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah umbi umbian, salah satunya adalah Ubi Kayu. Ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan juga bernilai gizi tinggi. Banyak produk olahan dari ubi kayu menjadi alasan utama mengapa ubi kayu perlu dikembangkan dalam pengolahannya

Dari berbagai jenis makanan tersebut keripik ubi kayu merupakan produk yang cocok untuk kalangan petani, selain proses pembuatannya yang cukup mudah, keripik ubi kayu merupakan makanan ringan yang sudah tidak asing di lidah masyarakat. Oleh karena itu munculah ide usaha keripik ubi pedas yang dikelola oleh kelompok usaha Beumeuhase yang beralamat di Dusun Cendana Gampong Seulalah Baru. Kelompok usaha Beumehase ini adalah kelompok yang di bentuk dari hasil musyawrah dalam mencari solusi untuk membantu ekonomi keluarga. Kelompok usaha ini beranggotakan 10 orang yag di ketuai oleh Ibu Yuliawati.

Kelompok usaha rumahan ini adalah kelompok yang baru memulai menjalankan usaha keripik ubi pedas, sampai dengan saat ini kelompok yang beranggotkan sepuluh orang ini masih terus mengembangkan usahanya dan terus memperbaiki kualitas produk yang di hasilkan menjadi lebih baik lagi agar mampu bersaing di pasar konsumen baik itu di wilayah gampong maupun di luar gampong.

Kelompok Usaha Beumeuhase tersebut memasarkan produknya dengan ukuran mulai dari 100 gram hingga 1 kilogram dengan harga yang beragam.

“Misalnya saja untuk keripik ubi kayu 1 kilogram kita jual dengan harga Rp 60 ribu, tapi kalau beli seperempat kilogram harganya jadi Rp 20 ribu,” sebut yuliawati. “Harapannya, semoga usaha kami bisa terus mengembangkan produk-produk seperti meningkatkan variasi produk serta mampu memasarkan ke skala yang lebih luas,” tutupnya. (r/g)