Berhasil Menyulap Lahan Bantaran Sungai, Pemerintah Gampong Seulalah Baru Siap Kembangkan Agro Wisata Detail

Sabtu, 19 Oktober 2019


Seulalah Baru - Pemerintah Gampong Seulalah Baru berhasil menyulap lahan bantaran sungai Gampong Sseulalah Baru menjadi lahan Agro wisata yang dikembangkan oleh kelompok tani setempat. Berdasarkan Surat Perjanjian Pinjam Pakai Tanah Milik Pemerintah Kota Langsa Nomor 030/851/2019 tanah seluas lebih kurang 1.925 meter persegi ini mulai dikelola dan dikembangkan oleh kelompok Tani Bantaras.

Sungai Krueng merupakan salah satu sungai yang melintasi Gampong Seulalah Baru dengan luas daerah aliran sungai (DAS) sepanjang 126 Km⊃2;. Sungai Krueng Langsa tidak ubahnya seperti sungai yang lain, keprihatinan terhadap kotornya sungai dan adanya potensi wisata yang ada di sungai Krueng Langsa mendorong Kelompok Tani Bantaras untuk memberikan perhatian pada sungai Krueng Langsa yang berada di Dusun Melati Gampong Seulalah Baru. Anggota Kelompok Tani Bantaras mulai membersihkan bantaran sungai, dan menata taman di dengan menanami tanaman hortikultura di Sungai Krueng Langsa. Sungai Krueng Langsa mulai dikerjakan sejak bulan Juni 2018 dan terus dilakukan pembenahan hingga saat ini.


Tersedianya lahan agrowisata yang ada di Sungai Krueng Langsa semakin mendorong Kelompok Tani Bantaras untuk mengembangkan agrowisata bantaran sunagi. Lahan tersebut telah ditanami bernbagai tanaman sayuran seperti cabai, terong, daun singkong dan tanaman laiiinya. Tanaman- tanaman tersebut selain dapat memberikan kesan indah pada wilayah bantaran sungai juga hasil panen dari tanaman tersebut  juga dapat memberikan nilai ekonomis karena dapat dijual dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi maysyarakat lokal maupun luar untuk berkunjung ke wilayah bantaran sungai Gampong Seulalah Baru.

Melalui dukungan dari berbagai pihak kami berharap pengembangan agrowisata bantaran sungai Gampong Seulalah Baru akan lebih dikenal masyarkat luas dan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lain yaitu memadukan pemandangan sungai yang asri dengan tatanan tanaman holtikulutra di wilayah bantaran Sungai Krueng Langsa.